Selasa, 12 Juni 2012

TANYA JAWAB BIAYA PENDIDIKAN DENGAN EMAS

Biaya Pendidikan dengan EMAS


Tanya :
Saya Beni, umur 30 Tahun, saya baru mempunyai anak umur 7 tahu (sekarang SD kelas 1), saya ikut program asuransi pendidikan di salah satu perusahaan asuransi di kota Bandung, yang ingin saya tanyakan apakah ketika terjadi inflasi apakah uang premi yang akan saya dapatkan dari klaim asuransi itu akan ada penyesuaian atau tetap sejumlah awal? asuransi seperti apa yang harus saya ikuti, mohon penjelasannya.
terimakasih.

Jawab :
salah satu hedging yang disarankan adalah asuransi baik itu jiwa maupun yang lainnya, namun sepengetahuan saya ketika terjadi inflasi biasanya fihak asuransi akan mencairkan dana dari klaim bapak Beni sesuai dengan  kesepakatan awal, mungkin untuk jelasnya bisa bapak tanyakan langsung ke fihak asuransi yang Pak Beni ikuti.

saya mau sharing aja dengan apa yang saya jalani sekarang. sebagai perlindungan biaya sekolah anak-anak, saya menabung dalam bentuk Emas Bantangan 24K/Logam Mulia. kebetulan saya punya anak yang duduk di kelas 1 waktunya bersamaan dengan keponakan saya masuk ke SMP Favorite. biaya masuk ke SMP Favorit kurang lebih sekitar 15juta-an. kalau saya simulasikan begini : anak saya kelas 1 SD, waktu masuk ke SMP 6 tahun lagi, biaya masuk ke SMP favorite ponakan saya sekitar 15juta-an, kalo 6 tahun kedepan bisa berapa?? pasti naik??

mari kita hitung !
Biaya masuk SMP Favorit : Rp. 15.000.000,- (Tahun 2011), kalau misalnya setiap tahunnya kita ambil rata-rata inflasi sebesar 10%, maka biaya masuk sekolah tahun 2017 adalah Rp. 24.000.000,-.

untuk mengcover biaya masuk sekolah SMP favorit kalau saya setiap bulannya bisa menyisihkan 500rb, total uang yang bisa saya kumpulkan adalah 500.000 x 48 bulan = Rp. 24.000.000,- atau sekitar 4 tahun..

mari kita bandingkan dengan apa yang saya lakukan sekarang!
setiap bulan saya menyisihkan 500rb, kemudian saya lakukan cicil emas bersertifikat ANTAM dengan kontrak penyicilan 1 keping 25 gram, saya lakukan selama 2 tahun (per bulan 1 gram) 500.000,- x 25 bln = 12.500.000,-. dengan kenaikan rata2 emas 20% per tahun sudah bisa mengcover biaya masuk SMP favorit dan masih ada sisa untuk kepeluan lainnya. jadi saya hanya memerlukan dana awal sebesar 12.500.000,- yang kemudian biarkan emas menggandakan nilai dengan sendirinya :) Supperrr sekali!!

Mudah-mudahan ini menjadi solusi keuangan anda.

Ayo Gabung di Komunitas Logam Mulia GMI 

#Gerakan Emas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar