Jumat, 03 Mei 2013

KELEBIHAN EMAS

                                 KELEBIHAN EMAS SEBAGAI MEDIA INVESTASI


Dengan banyaknya penjelasan mengenai manfaat emas sebagai media investasi semoga dapat menambah keyakinan kita semua untuk melangkah dalam investasi emas sebagai lindung nilai terhadap asset yang kita miliki khususnya disaat kita masih mampu untuk bekerja dan memiliki penghasilan. Sebagai penekanan, di bawah ini adalah penjelasan kelebihan emas sebagai media investasi :

a.  Likuiditasnya, ingat setiap kita akan melakukan investasi dalam bentuk apa pun selalu fikirkan tingkat likuditasnya artinya perhatikan tingkat kemudahanya dalam menjual asset kita dalam bentuk uang. Karena tujuan kita melakukan investasi, tentu suatu saat pasti akan datang masanya untuk kita uangkan saat kita butuh terhadap suatu hal.
   
Contoh : kita butuh untuk kebutuhan biaya rumah sakit jelas kalau kita punya simpanan emas tinggal pergi ke toko emas maka langsung dapat saat itu juga uangnya dalam hitungan menit, coba bandingkan bila kita menyimpanya dalam bentuk tanah atau property butuh waktu lama,  bahkan saham sekali pun karena aturan yang ditetapkan di Indoensia ketika kita melepas saham maka uang hasil penjualan saham baru bisa diambil 3 hari setelah transaksi dilaksanakan.

b. Tidak terpengaruh inflasi, bagaimanapun kondisi perekonomian negara kita, emas tetap akan menyesuaikan kondisi perekonomian kita dari sisi nilai, makanya emas bisa dikatakan dapat membuat kita tetap kaya. Dengan kata lain emas merupakan asset yang berada diluar sitem perbankan dunia, sehingga tidak terpengaruh oleh kebijakan moneter negara jika terjadi krisis moneter, perlu diingat pemerintah Indonesia pernah memberikan wacana akan melakukan denominasi rupiah pada tahun 2014, nah kalau kondisi demikian hindari menyimpan rupiah karena kita belum bisa mengetahui sebesar apa dampak inflasi pada tahun 2014 tersebut.

c. Nilainya tidak ditentukan oleh pemerintah, nominal harga emas untuk Indonesia semua mengacu pada harga emas yang dikeluarkan oleh ANTAM, sedangkan ANTAM sendiri pun mengeluarkan harga emas dalam mata uang rupiah yang mengacu pada harga emas dunia dan nilai Rupiah terhadap dolar Amerika, sehingga secara tidak langsung harga emas di Indonesia sudah mempertimbangkan dua aspek yaitu aspek kelangkaan emas di dunia dan aspek nilai mata uang dolar Amerika. Artinya walaupun nilai kurs dolar Amerika turun dibanding dengan nilai rupiah belum tentu harga emas turun.
 

Investasi emas sangat disarankan sebagai tabungan masa depan atau sebagai cadangan dana untuk tujuan-tujuan tertentu seperti Ongkos Naik Haji (ONH), biaya pendidikan, dan keperluan-keperluan yang sifatnya yang akan datang. Di bawah ini adalah Ilustrasi Emas sebagai Tabungan Haji.

         2007                                                     2013
ONH dalam Rupiah      Rp. 27.000.000,-        Rp.34.000.000,-
Harga Emas               Rp.     200.000/gr       Rp.    500.000,-
ONH dalam Emas                  135 gram               68 gram


 Perbandingan Investasi Emas, Tabungan dan Deposito
 
Itulah bedanya emas dengan jenis investasi lainya, karena orang yakin kalaupun ada saatnya turun karena akan adanya profit taking dari “pemain emas” dunia yang berspekulasi terhadap kondisi ini, tetapi investor emas yang untuk jangka panjang tidak akan khawatir karena dengan banyak bukti baik statistik maupun sejarah emas akan tetap diburu sepanjang masa karena EMAS adalah “uang yang sesungguhnya”.

#Gerakan Emas Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar